Tentang Kehidupan

Oleh Ririn Wulandari

Inspirasi bisa hadir dari mana saja, dari sudut pandang segala arah. Demikian juga saat itu. Saya menemukan inspirasi tentang kehidupan setelah menonton film. Setelah saya berfikir berhari-hari, saya menuliskannya, dua tahun yang lalu (2019). Berikut catatan tersebut:

Renungan tentang Film AD ASTRA


Dalam perjalanan dari Neptunus menuju Bumi, Astronot Roy McBride (Brad Pitt) menyampaikan apa yang ditemukan ttg “sesuatu” yang dia cari selama ini, melalui pertemuan secara fisik dengan Ayahnya di Neptunus. Tatapan mata tua, dan mimpi-mimpi yang seringkali mendiadakan apa yang ada di depan mata, membuat air matanya menetes. Bukan sekedar air mata kerinduan yang menemukan jawabnya. Namun, lebih dari itu, tentang bagaimana menyikapi kehidupan. Tentang luka dan kesedihan yang terobati atas nilai-nilai dari pertemuan itu.


Roy McBride: “Dia mencari keindahan yang hanya nampak indah di permukaan, tidak ada apa-apa di sana, semu, tidak ada cinta dan benci, tidak ada siang dan malam. “Untuk keindahan semu seperti itu, dia (Ayahnya) mengabaikan cinta kami, cinta Istri dan anak laki-lakinya yang menangis dan terluka kehilangan bertahun-tahun hingga si anak bertekad menjemputnya di sana”.

Roy McBride kembali ke Bumi dengan tekad tidak mengulangi kesalahan Ayahnya dan bertekad menjalani dan bersyukur atas apa yang ada di “depannya”, walau selama ini dia melakukan hal yang sama dengan Ayahnya, belum terlambat.

—-

Bersyukur bila kita bisa menemukan pemahaman tentang apa yang kita cari dan apa yang kita hadapi. Menggabungkan keduanya adalah jalan menuju penemuan apa yang kita cari (Ririn Wulandari).